RFID sistem barcode dengan Frekuensi Radio

       RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification, teknologi identifikasi otomatis antara Transponder atau perangkat pembawa data yang terbuat dari chip silikon dengan reader yang terhubung dengan sistem komputer.
       Transponder atau label RFID dapat digunakan untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID sendiri merupakan sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio.
       Label RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga beberapa meter jauhnya. Sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti sistem pembaca barcode/ QR Code.

Sistem Kerja RFID

       Pada prinsipnya sistem kerja RFID menggunakan frekuensi radio untuk mengirimkan informasi atau data antara RFID Tag dan RFID Readernya, sehingga tidak memerlukan kontak fisik diantara keduanya untuk berhubungan. Inilah keunggulan RFID.


       Dalam sistem RFID terdapat dua bagian utama, Pertama, RFID Tag yang merupakan sebuah device pembawa data yang terbuat dari chip silikon yang dilengkapi sebuah radio antena kecil. Setiap bagian Tag terdiri dari Silicon microprocessor (sebagai penyimpan data), Metal Coil (sebagai antena yang dapat beroperasi pada frekuensi 13,56 MHz) dan Encapsulating Meterial (sebagai pembungkus tag yang terbuat dari kaca).
       RFID tag juga mempunyai 3 tipe; RFID Tag aktif (menggunakan baterai), RFID Tag Pasif (tanpa baterai tapi memanfaatkan frekuensi yang dipancarkan oleh alat pemancar) dan RFID Tag Semi Aktif (menggunakan baterai namun tidak sebagai sumber utama tenaga).
       Kedua, RFID Reader yang terdiri dari sebuah antena dan transceiver. Kerja yang dilakukan oleh RFID Reader yaitu mengirimkan sinyal kepada transponder. Kemudian cara kerjanya sama dengan scanner barcode genggam seperti yang terdapat pada toko-toko barang.

Labels:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.