Aplikasi Nilai untuk e-Rapor


        Penilaian dalam Kurikulum 2013 untuk saat ini berbeda dengan Kurikulum 2013 pada masa permulaan. Perbedaannya Pada panduan penilaian terbaru Tahun 2017, Selain Ujian Tengah semester ditiadakan, Penilaian Ulangan Harian, dan Ujian Akhir Semester (PAS) tidak lagi mempunyai kolom khusus. Penilaian UH dan PAS dibagi menurut Kompetensi Dasarnya (KD) masing-masing. Sebagai Contoh untuk Penilaian Akhir Semester, yang diujikan 5 KD, maka berarti Guru tersebut harus mengkalifikasikan Nilai PAS berdasarkan KD-KD nya. Untuk 5 KD berarti Guru harus memasukkan Nilai PAS kedalam 5 kolom. Tentu hal ini merepotkan memang, tetapi mungkin nilai positif nya Guru dapat mengetahui secara detail Kompetensi Dasar mana yang dikuasai murid dan mana yang belum
        Disisi lain Untuk penilaian Pengetahuan semua dirata-rata antar KD sedangkan untuk Penilaian Keterampilan, Penilaian dengan Tehnik yang sama diambil nilai yang terbesar dan penilaian dengan tehnik yang berbeda dijumlah dengan merata-ratakannya.
Bahkan untuk saat ini e-rapor sudah mulai diinstruksikan untuk digunakan di sekolah-sekolah Negeri, dan tidak menutup kemungkinan di Sekolah Swasta tak akan lama lagi, mengingat e-rapor terhubung secara langsung dengan dapodik. Sehingga untuk penilaian yang akan datang, semua data nilai siswa masuk ke dapodik dan diolah oleh Pemerintah Pusat untuk mengambil kebijakan-kebijakan tertentu terkait Pendidikan.
        Bagi mereka yang sudah mengenal dan mengisi e-rapor tentu merasakan betapa banyak data nilai yang harus diisikan per-KD...apalagi e-rapor tidak bisa dikerjakan dirumah, harus di sekolah karena memakai jaringan intranet. Sekolah dituntut untuk mempunyai LAB walaupun pelajaran TIK kini telah tiada diganti dengan BK TIK, cukup aneh memang.... Bahkan untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sekolah dituntut juga untuk mempunyai LAB yang memadai untuk para siswanya. Bagi sekolah yang jumlah siswanya 200 orang maka sekolah harus mempunyai minimal 3 LAb dengan kapasitas 40 Komputer setiap LAB dengan jaringan Intranet dan Internet tentunya. itupun Ujiannya harus dibuat 2 Sesi.
        Demikianlah kondisi sistem penilaian pembelajaran kita sekarang ini, semakin berkembang semakin tidak ergonomis, entah apakah lebih baik atau lebih rumit, tapi semua itu tetap harus dijalankan dengan cara se-praktis mungkin agar waktu kita sebagai guru tidak menganggu waktu kita sebagai bagian dari Keluarga.
        Dengan berbagai kenyataan tersebut, saya membuat sendiri aplikasi penilaian yang sudah memenuhi kriteria sebagaimana dalam Panduan Penilaian 2017 terbaru, tujuannya sebenarnya untuk merealisasilan penilaian by proses, penilaian aktual, penilian definitif, penilaian yang bisa dilakukan pada saat guru mengajar/ ulangan, penilaian akan terakumulasi langsung dan teridentifikasi KD mana yang belum dikuasai oleh siswa/i.
        Dalam aplikasi penilaian ini, Guru selain wajib memasukkan identitas dirinya, sekolahnya, kepala sekolahnya dan siswa/inya, juga pada sheet DESC guru tersebut harus memasukkan KD pengetahuan dan Keterampilan (dibawahnya) sesuai dengan Mata Pelajaran yang diampu (lihat contoh mapel yng sdh terisi). Untuk Deskripsi KD sebaiknya melihat e-rapor dari pada permen, karena e-rapor yang akan kita isi. Setelah itu baru memilih kelas dan mapelnya dan memilih KD dimenu dropdown, selanjutnya isi nilainya, jangan lupa pilih tehniknya di bawah setiap KD di menu dropdown (wajib).
        Setelah semua nilai diisi, maka secara otomatis aplikasi akan menghitung dan mengakumulasikan nilai seluruh KD beserta keterangan (deskripsi KD-nya, otomatis). Jangan lupa klik menu simpan pada sheet NILAI... Bila ada kelas lain, maka lanjut pilih kelas berikutnya beserta mapelnya.. setiap diinput jangan lupa klik SIMPAN. Fungsi simpan pada aplikasi ini untuk memindahkan data pada arsip data, sehingga keistimewaan aplikasi ini ringan dan mengakomodasi setiap kelas dan seluruh mata pelajaran. Jika Guru tersebut mengampu pelajaran Fisika di setiap kelas dan Bhs Inggris di setiap kelas maka hanya dengan 1 aplikasi ini semua bisa tercover, tidak perlu banyak aplikasi.
        Selanjutnya aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan pengurutan data secara Ascending, walaupun nama data siswanya tidak berurut, maka nanti setelah di klik EXTRACT jadi berurut. Oleh karenanya maka dianjurkan sebelum mengisi nama siswa di Sheet SISWA, sesuaikan dulu nama siswanya dengan nama yang terdapat pada Dapodik agar hasil extractnya bisa langsung dicopy ke format import yang disediakan e-rapor (download). Hasil Extract akan masuk dalam folder Kumpulan Nilai dimana aplikasi ini diletakkan. Nah, hasil inilah yang harus dicopy ke Format Import yang sebelumnya sudah di download, mohon diperhatikan urutan data siswa sekali lagi agar tidak salah.
        Adapun Menu Data Migration jangan digunakan, itu gunanya untuk update aplikasi, untuk memindahkan data dari aplikasi yang sekarang ke aplikasi yang baru (new release).
        Aplikasi ini juga dapat mengextract nilai asli dan nilai upgrade hasil katrol nilai dengan nilai terendah akan diberikan nilai 65...  bila di bawah 60 bila sama dengan atau di atas kkm maka Nilai terendahnya akan mengacu pada KKM. Untuk merubah KKM lihat di kolom atas pada sheet NILAI, tinggal dirubah. Aplikasi katrol dibuat bukan berarti mengabaikan tugas guru untuk memberikan remedial bagi mereka yang belum mencapai nilai standar tetapi untuk kepentingan pragmatis mengisi e-rapor dan humanis (kasihan) bila remedial tidak merubah apapun. Oleh karena itu maka dalam hasil extract ada nilai asli dan nilai upgrade.
        Teknik penilaian katrol-mengkatrol bukanlah langkah yang bijak bestari, kita semua sadar, namun ada titik tertentu dimana kita harus memakai tekhnik itu agar tidak mengorbankan nilai anak yang sudah atau bahkan melebihi KKM. Bila tidak memakai rumus maka mungkin dan pasti ketika menaikkan nilai anak yang di bawah kkm, nilainya akan sama bahkan lebih tinggi dari anak yang sudah mendapat kkm, dan ini tidak adil. 
        Aplikasi ini berextensi xlsm, silahkan enable macronya. Silahkan DOWNLOAD. Jangan khawatir Aplikasi ini sepenuhnya bisa difungsikan dan Gratis Full Time, Sebaiknya digunakan di Office 2007 ke atas...


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.