Formula Excel

RELATIVE REFERENCING

Untuk mempermudah perhitungan data kita tentunya sudah mengenal aplikasi excel yang merupakan satu kesatuan dalam paket program dari Microsoft Office.
Pada program Excel untuk membuat formula ada ketentuan yang tidak boleh diabaikan, yaitu:
           Harus dimulai dengan tanda “sama dengan”  (=)    Pada Excel samadengan di awal bukan di akhir.
    Rumus diketik sebagaimana mengetik kalkulator, kecuali nanti ada penambahan sintax pada perhitungan tertentu.
Misalnya Untuk menghitung data di bawah (sebagaimana gambar)


Pada gambar di atas, untuk mencari hasil sel D2 (Total harga komputer), kita perlu mengalikan sel B2 dengan sel C2 yang diketik  di sel  D2 dengan format sebagai berikut   =B2*C2  (tanpa spasi)  maka secara otomatis excel akan menjumlahkan dan menampilkan hasilnya sebagaimana gambar.
Untuk menghitung baris ketiga (total harga printer), kalau anda rajin silahkan ketik ulang rumusnya sesuai dengan referensi selnya  =B3*C3  (ketik rumusnya di sel D3). Dan begitu seterusnya…  TAPI Excel ternyata canggih sobat, gak perlu repot-repot ngetik rumus terus, bila perintahnya sama Cuma selnya aja yang beda. Yang perlu kita lakukan adalah meng-copy sel D2 dan mendragnya ke bawah… maka hasilnya sama dengan kita ngetik sendiri. Dalam istilah Excel disebut Relative Referencing.


ABSOLUTE CELL REFERENCES (MENGHITUNG DATA YANG MERUJUK SEL YANG TETAP)

Pada kasus di atas (relative referencing)  rumus dicopy dan didrag ke bawah maka secara otomatis sel akan berubah sesuai dengan rujukannya. Namun pada sebagian kasus, ada perhitungan-perhitungan yang referensi selnya berubah dan pada sisi lain ada yang referensi selnya harus tetap. Contoh pada gambar berikut:



Pada gambar di atas penulisan rumusnya salah bila kita hanya hendak mengalikan relative sel (sel dalam kolom gaji setiap orang) dengan sel tetap (infaq 2.50%) maka rumusnya harus diketik  =B3*C2 (setelah mengetik C2 tekan F4) hasilnya rumusnya akan tertulis   =B3*$C$2 
Simbol dollar pada C2 ($C$2) menandakan bahwa khusus untuk sel C2 tetap dan tidak berubah, sehingga bila dicopykan ke bawah maka hasilnya akan benar karena C-nya tidak ikut berubah. Inilah yang disebut  Absolute Cell References. Sedangkan sel B3 akan berubah secara berurutan menjadi B4, B5, B6 dan B7 sesuai dengan arah copy (Relative Cell References). Perhatikan gambar berikut:



MIXED REFERENCES (Rujukan pada Baris atau Kolom yang tetap)

Kadangkala dalam beberapa situasi kita memerlukan hanya kolomnya saja yang berubah sementara barisnya tetap sebagaimana gambar berikut:


Pada gambar di atas jumlah bonus adalah hasil perkalian hasil penjualan dikalikan dengan presentase bonus tiap bulan. Rumus yang diketik pada sel B18 adalah  =B7*B$3
Dalam ilustrasi di atas baris tetap yang kita butuhkan hanyalah baris ke-3, adapun kolomnya relative, oleh karena itu yang didahului symbol dollar hanyalah pada angka 3 (B$3).  Sebagaimana contoh di atas untuk jumlah bonus Zul pada bulan februari setelah dicopy dari sel B18 secara otomatis rumusnya akan berubah sesuai dengan kolomnya kecuali baris ke-3 maka rumusnya jadi  =C8*C$3
Untuk mempermudah pengetikan symbol dollar, klik F4 dua kali setelah mengetik C3
Dan dalam situasi tertentu juga kadang kita hanya membutuhkan baris tertentu dan kolom tertentu saja yang tetap sementara kolom dan baris yang lain relative. Contoh: Dalam suatu perusahaan setiap orang diberikan insentif berdasarkan jenis barang dan jumlah barang tertentu yang berhasil diselesaikannya perjam. Ilustrasinya sebagai berikut:


Labels:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.